Translate

Rabu, 04 Maret 2015

Sejarah Yayasan Karya Salemba Empat (KS4)

SEJARAH

Karya Salemba Empat (KS4) didirikan pada tanggal 3 Oktober 1998 melalui akte notaris H Asmawel Amin SH, Jakarta. Yayasan ini didirikan untuk memberikan dukungan keuangan kepada lembaga pendidikan Indonesia dalam bentuk beasiswa bagi siswa dan pembelajaran lainnya dan dukungan pendidikan.
KS4 adalah puncak dari kegiatan individu Universitas Indonesia (UI) alumni sejak tahun 1995. KS4 pendiri adalah Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI), yang telah aktif berkoordinasi, dikumpulkan dan dibagikan beasiswa kepada siswa dalam UI. Pada tahun 1998, mantan siswa beberapa Universitas Indonesia Salemba Empat didirikan Karya (KS4). Dengan Indonesia yang mendalam dalam krisis ekonomi dan politik, ide sederhana: untuk memberikan dukungan ekonomi yang sangat dibutuhkan untuk siswa miskin selama periode dificult ketika pendapatan per kapita orang Indonesia hampir setengahnya. KS4 sebenarnya adalah penerus Program Beasiswa 84 (84 Program Beasiswa), program informal yang telah mengkoordinasikan sumbangan individu untuk mahasiswa UI sejak tahun 1995. Periode penghargaan pertama adalah antara November 1995 sampai Oktober 1996, dengan tiga siswa sebagai penerima. Pada tahun kedua 1996/1997 jumlah mahasiswa didukung tumbuh menjadi 10, dengan 13 donor. Pada tahun yang sama program ini juga menyumbangkan buku ke perpustakaan universitas. Selama periode ketiga tahun 1997/1998 kegiatan beasiswa lanjut tumbuh sebagai 12 siswa didukung oleh 20 donor. Jumlah buku yang disumbangkan ke perpustakaan juga tumbuh dengan ukuran meningkatnya sumbangan yang diterima. Selama periode keempat 1998/1999 jumlah mahasiswa didukung tumbuh menjadi 19 dan donor bernomor 26, dan KS4 secara resmi lahir. KS4 kemudian ecpanded lanjut dengan menyediakan beasiswa untuk penelitian dan tesis, mulai dari tahun 1999. Sebagai yayasan memasuki 11 tahun, tantangan ekonomi Indonesia masih bersama kami dan mahasiswa dari latar belakang kurang mampu terus berjuang. KS4 perlu untuk mempertahankan misi itu dan memperluas. Sampai saat ini, lebih dari 600 siswa telah menerima total Rp. 1,5 miliar uang beasiswa. Banyak telah menjadi orang-orang sukses dalam berbagai profesi dan kegiatan. Untuk ini, memungkinkan kita tu menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih yang tulus kepada semua donor kami.




VISI DAN MISI

Berbagi mimpi dan dedikasi bersama menuju mendidik Indonesia.

Para pendiri KSE percaya bahwa hanya dengan dukungan kolektif dapat visi dicapai, dan untuk mengatasi hambatan keuangan dan lainnya. Visi ini dapat diwujudkan melalui penyediaan dukungan keuangan kepada para siswa kurang dana yang cukup untuk menyelesaikan studi di universitas mereka.
Para pendiri dan pendukung KSE yakin bahwa upaya kolektif dalam mendidik bangsa adalah kunci bagi masa depan bangsa, melalui penciptaan cerdas, modal manusia berpendidikan. Tujuan ini dapat dicapai melalui pendidikan formal fasilitator, yang merupakan fokus kegiatan KSE itu. Sebuah realisasi lebih jelas dari tujuan ini adalah penghargaan beasiswa kepada siswa yang membutuhkan dana tambahan untuk mendukung studi mereka.

3 komentar:

  1. bang kapan pendaftaran kse untuk universitas riau?

    BalasHapus
  2. Pendaftaran beasiswa KSE Insya Allah akan segera dibuka.. Untuk tanggal pastinya kita blum tau kapan, jika sudah dapat tnggal pstinya akn segera kita publikasikn.. trima ksih :)

    BalasHapus
  3. setelah berkas dikumpul, kapan pengumuman selanjutnya @KSE UNRI?

    BalasHapus